Kata Favorit

By the way, aku udah menemukan kata favoritku dalam bahasa jepang.
Well, i know i’m like “months” late to realize.

Selayaknya manusia normal, kebanyakan dari kita apabila akan menanyakan “apa kata favoritmu dalam bahasa Indonesia?” pada orang asing yang belajar bahasa Indonesia.

no? just me?

okay..

Tapi aku juga ditanya itu oleh banyak orang Jepang, “Vian, apa kata favoritmu dalam bahasa Jepang?” saat itu aku jawab “sekenanya” karena memang belum benar-benar aku pikirkan dan belum ada yang benar-benar aku sukai, aku selalu jawab antara:

あおい= aoi = biru
えがお= egao = senyum
はる= haru = musim semi

Mengesamipingkan artinya, bunyi dari kata kata tersebut enak didengar dan diucapkan.

Sebaliknya, aku punya dengan pasti kata apa yang aku benci:

さよなら= sayonara = selamat tinggal

Karena, ya, aku benci mengucapkan selamat tinggal. Seolah kita nggak akan pernah ketemu lagi. Sedih. As a sentimental boy, it’s a big deal! Maka itu aku selalu mengganti 「さよなら」dengan 「また合う日まで」mata au hi made (sampai bertemu suatu hari). Bisa dibilang aku benci 「さよなら」karena aku masih terikat dengan artinya, sehingga tidak mengapresiasi kata hanya sebagai kata, kombinasi bunyi layaknya musik.

Lalu apa kata favoritku?

「さよなら」

Eh?

Mari kita bedah, sekalian belajar huruf hiragana:

さ:sa
よ:yo
な:na
ら:ra

“sayonara”

surprise..
seperti kata pepatah: jarak antara benci dan cinta itu sangat tipis. Lebih gampang bikin orang yang benci jadi cinta ketimbang orang yang biasa aja jadi cinta.
Aku yang benci setengah mati dengan kata “sayonara” malah menjadikan “sayonara” sebagai kata favoritku dalam bahasa Jepang.

alasannya apa?

Thanks to Ikimono gakari yang sering memasukkan kata ini ke dalam lirik lagunya. Salah satunya adalah lagu di atas, soundtrack film ”Your Lie In April”, judulnya “Last Scene”.
“Sayonara” itu enak didengar, komposisi hurufnya bagus. Menurutku yang membuat jadi bagus adalah bagian “Nara” nya.

Lagipula semua orang tahu 「さよなら」.

bahasa Jepang? ya さよなら.

Jepang banget.

Dan emosional banget.

さよなら。。

Vp

Leave a Reply

